Pasar Muslim & Dunia Makelar

Pedagang : Pustaka Muamalah
Stok Tersedia
SKU
Pasar Muslim & Dunia Makelar
Rp50.000,00

Pasar dikenal sebagai tempat transaksi jual beli, meski keberadaannya digerus oleh tren pasar modern (sebut saja hyper market, super market, mini market, etc). Toh, keberadaan pasar tetap eksis di bumi persada. Meski satu dua tumbang. Tak menyurutkan mereka untuk membuat keramaian pasar berdasarkan momen. Maka muncullah “Pasar Pahing”, “Pasar Wage”, dan seterusnya dari nama-nama weton di bulan Jawa. Akhirnya disepakati jika Jum’at Kliwon mereka khusus menjual sapi dan hewan ternak lainnya. Jika bertepatan dengan Manis, maka mereka menjual palawija dan buah-buahan. Ini sebagai contoh ala kadarnya.

Buku yang ada di hadapan Anda … disarikan oleh penulis dari kitab klasik karya ulama Malikiyah yang berjudul Ahkam As-Suuq yang ditulis oleh Imam Yahya bin Umar Al-Kinani Al-Andalusi rahimahullah (213-289 H). Kitab beliau ini sengaja penulis pelajari untuk mengisi ceramah yang membahas hukum pasar dan pernak-perniknya. Klop sudah! Pucuk dicinta ulam pun tiba …

Mengawali pembahasan, penulis memaparkan tentang pasar bersama para Nabi dan Ulama, mengenal pasar jahiliyah dan pasar muslim di Madinah, hingga kita dapat mengambil ibrah darinya. Sisi lain pasar ditinjau dari sisi aqidah; ternyata banyak pasar termasuk salah satu tanda Kiamat. Dari Abu Hurairah radiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidak akan terjadi Kiamat sampai muncul banyak fitnah, banyak kedustaan, dan pasar menjadi berdekatan.” (HR. Ahmad dan Ibnu Hibban)

Adapun sesudah itu, penulis mulai menguak rahasia ibadah di pasar. Mengapa kita perlu berdoa sebelum memasuki pasar. Ada yang sudah hafal do’anya? Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ““Barangsiapa masuk pasar, lalu membaca,

لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِيْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ حَيٌّ لاَ يَمُوْتُ، بِيَدِهِ الْخَيْرُ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ.

“Tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah, Yang Maha Esa, tiada sekutu bagiNya. BagiNya kerajaan, bagiNya segala pujian. Dia-lah Yang Menghidupkan dan Yang Mematikan. Dia-lah Yang Hidup, tidak akan mati. Di tanganNya semua kebaikan. Dan Dia-lah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu.”

Maka, Allah mencatat untuknya satu juta kebaikan, menghapus darinya satu juta keburukan dan meninggikan untuknya satu juta derajat.”” (HR. At-Tirmidzi, Al-Hakim dan Ibnu Majah)

Buku Pasar Muslim Dan Dunia Makelar, Ammi Nur Baits, Muamalah Publishing, format buku softcover, tebal buku 288 halaman, ukuran buku 12 x 18 cm, berat buku packing +/- 300 gram, Harga Rp. 50.000,-

Tanya Pedagang
Tuliskan Ulasan Anda Sendiri
Hanya pengguna terdaftar yang bisa menulis ulasan. Harap Masuk atau buat akun